flores 290316Selamat sore para Penikmat kopi Nusantara dimanapun anda berada. Sore ini dalam coffee journey yang ke 126 dan setelah vacuum selama beberapa hari karena orderan yang cukup banyak, saya ingin mengajak Anda untuk membuat dan menikmati kopi arabika yang cukup terkenal dan merupakan salah satu bestseller kami yaitu kopi arabika yang berasal dari Flores Manggarai yang kami sangrai ditingkat kematangan medium/ city+ 14 hari yang lalu. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan diproses basah. Walaupun hampir semua kopi kami disangrai ditingkat kematangan medium/ city+ namun profile roasting untuk setiap origin selalu berbeda, termasuk entry point development dan unload nya sehingga setiap kopi menjadi cukup unik dan sering membuat kita penasaran bagaimana caranya untuk dapat benar- benar mampu mengeluarkan semua karakter bagus dari setiap kopi dan menghindari rasa yang mengganggu. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang 20 gram dari biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling yang tingkat kehalusannya telah diset sebelum eksperiment ini dimulai. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma coklat karamel yang benar- benar tercium manis sekali. Selanjutnya proses dose-tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dan terlihat cukup kental dan creamy dengan warna krema yang kuning keemasan. Setelah diperoleh 25 gram espresso untuk setiap cangkir, tuas saya matikan dan espresso sebagai bahan dasar untuk cappuccino sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian setelah susu ready, susu saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan disinilah proses membuat latte art terjadi dan akhirnya cappuccino saya sudah ready sore ini.

Nah sekarang ke bagian yang terpenting yaitu citarasa dan aroma. Aroma cappuccino tercium seperti hot chocolate yang manis dengan sedikit aroma karamel yang membuatnya cukup gurih. Setelah kopi diminum, terasa sekali rasa coklat karamel dengan kekentalan yang terasa creamy seperti hot chocolate dan diakhiri dengan rasa manis seperti sudah dicampur dengan gula sebelumnya. Kopi yang pas menurut saya untuk sore ini dikarenakan cuaca yang cukup mendung di kota Malang, kopi ini terasa pas sekali untuk menghangatkan badan seperti hot chocolate.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas Anda kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik untuk mencoba kopi arabika Flores Manggarai ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini