tamandadar040516Selamat sore para Penikmat Kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 133 ini saya ingin mengajak Anda untuk membuat dan menikmati kopi arabika yang rasanya bagus sekali akhir- akhir ini. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2015 kemarin dan disangrai ditingkat kematangan light-medium menggunakan profile roast kami yang baru. Hasil cupping kopi ini menampilkan citarasa dan aroma citrus dengan aroma yang seperti meledak memenuhi seluruh ruangan dengan body kecil dan manis seperti brown sugar. Sore ini kopi masih tetap kami sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk latihan membuat latte art.

OK Langsung saja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang 20 gram biji kopi ini kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling EK 43 yang tingkat kehalusannya telah di set sebelum eksperiment ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma fruity dengan aroma gula merah yang bercampur sehingga tercium manis sekali dan memenuhi seluruh ruangan. Selanjutnya proses dose-tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso dinyalakan, espresso mulai menetes dan terlihat warnanya kuning keemasan dan sedikit terlihat tiger strip. Setelah diperoleh 20 gram per cup, tuas saya matikan dan ristretto saya untuk sore ini sudah ready. Selanjutnya susu mulai saya stretch dan panaskan kemudian setelah pas dan manis, saya tuangkan kedalam cangkir yang telah terisi ristretto sebelumnya dan whoala cappuccino saya sudah ready sore ini.

Untuk citarasa dan aromanya, sewaktu kopi dicium tercium aroma karamel dan tercium cukup kental. Setelah kopi saya minum, terasa sekali rasa karamel yang manis sehingga tidak diperlukan lagi untuk menambahkan gula dan menurut saya kopi ini masuk dalam classic cappuccino, yaitu rasa- rasa yang biasa dicari oleh orang – orang umum untuk cappuccino, dan memang terasa pas sekali untuk teman ngobrol- ngobrol di sore hari. Tapi bagi beberapa snobs yang butuh kopi dengan gaya thirdwave kopi ini menurut saya masih bisa diulik untuk dapat menonjolkan rasa-rasa yang dicari.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas Anda kembali dan salam Amstirdam

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Jawa Taman Dadar ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini