Kopi Arabika Kalosi 22 Mar 14

Kopi Arabika Kalosi 22 Mar 14

Akhir pekan yang mendung di kota Malang hari ini. Dalam coffee journey hari ini, saya akan menggunakan Kopi Arabika Kalosi sekitar 4 hari sesudah roast di level city+ dan kopi ini merupakan hasil panen tahun 2013 kemarin diproses basah. Seperti biasanya kopi akan disajikan sebagai cappuccino sekalian untuk mengasah kemampuan latte art saya. Proses roasting/ sangrai Kopi Arabika Kalosi ini agak tricky, kalau kurang hati- hati akan ada tendensi untuk over roast biji kopi yang cukup terkenal ini.

Nah pembuatannya. Seperti biasanya saya timbang 14 gram biji kopi lalu digiling. Sewaktu proses penggilingan tercium aroma bunga/ buah dengan aroma karamel yang manis. Sesudah itu dilanjutkan dengan proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso ditarik kopi mulai turun dan setelah terkumpul 30 ml dalam 30 detik tuas saya turunkan. Hari ini crema terlihat cukup gelap dan tebal. Selanjutnya susu saya stretch dan panaskan, dan sesudah itu susu dicampurkan kedalam cangkir yang telah berisi espresso sebelumnya. Sesudah itu dilanjutkan dengan proses terpenting yaitu pembuatan latte art (hari ini kurang detail lagi).

Nah langsung aja ke hasil pengamatan saya. Aroma buah/ bunga cukup dominan ditambahkan dengan aroma karamel yang manis. Sewaktu kopi diminum terasa body medium dengan medium acidity dan di akhiri dengan sensasi milk chocolate. Setelah kopi agak dingin mulai terasa kesan nutty juga. Menurut saya kopi masih under developed dan masih membutuhkan beberapa hari untuk fully developed, hal ini juga didukung dari terlihatnya banyak bubbles pada crema espresso dimana proses pelepasan CO2 masih sedang terjadi. Overall menurut saya kopi ini cukup nikmat danĀ  beberapa teman yang mencoba juga meng-iyakan itu juga.

Anyway selamat menikmati akhir pekan anda dan salam Amstirdam :)

Kami menjual kopi Arabika Nusantara tersedia dalam bentuk green, roasted dan bubuk, klik disini apabila tertarik