Kopi Arabika Karlos (Karangploso)

Kopi Arabika Karlos (Karangploso)

Selamat sore Para Penikmat Kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang ke 55, saya akan menggunakan kopi yang mulai banyak dibicarakan dikalangan para penikmat kopi Nusantara yaitu Kopi Arabika Karlos yang di roast sekitar 7 hari yang lalu di level city +. Sedikit mengenai kopi ini, nama kopi ini katanya merupakan kependekan dari nama Karangploso sebuah daerah di kabupaten Malang yang cukup terkenal sebagai daerah penghasil beras. Kopi ini berasal dari kaki gunung Arjuna dan di proses basah. Hari ini kopi tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untuk melatih latte art saya.

Langsung aja ke proses pembuatannya. Pertama saya timbang sekitar 14 gram kopi ini dan saya giling di tingkat kehalusan yang telah di set sebelum eksperimen ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium sekali aroma karamel yang pekat ditambahkan dengan aroma spicy. Setelah kopi digiling dilanjutkan dengan proses dose- tamp dan brew. Sekitar 6 detik setelah tuas dari mesin espresso saya tarik, kopi mulai menetes seperti madu, terlihat sekali warna kopi agak gelap dari biasanya. Setelah terkumpul sekitar 30ml dalam 30 detik, tuas mesin espresso saya matikan dan susu mulai saya stretch dan panaskan. Setelah itu susu yang telah ready saya campurkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya.

Dari hasil pengamatan saya, aroma karamel dan spicy masih tercium cukup pekat dan setelah kopi saya minum, hal pertama yang terasa adalah body atau tingkat kekentalan yang high terasa low acidity dengan sensasi rasa karamel dan spices yang tercampur. Ada sedikit rasa dark chocolate yang terasa cuma tidak dominan dan bertahan lama. Menurut saya kopi ini pas untuk mereka yang menyukai rasa karamel yang dominan di milk based drinks nya ditambahkan dengan sedikit aroma dan rasa spices. Overall kopi ini nikmat dan would be interesting to taste kopi ini lagi sekitar 10 hari post roast untuk melihat apa ada rasa lain yang muncul.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila Anda tertarik mencoba Kopi Arabika Nusantara dapat dibeli disini (Tersedia dalam bentuk green bean, roasted biji dan bubuk)