Kopi Arabika Jawa Taman Dadar 4 Feb 15Selamat sore Para Penikmat kopi Nusantara. Sore ini dalam coffee journey yang pertama di bulan Februari ini saya akan menggunakan kopi yang cukup spesial juga. Kopi yang saya gunakan adalan Kopi Arabika dari Jawa Timur yaitu dari pertanian PTPN XII Taman Dadar yang diroast ditingkat kematangan full city. Kopi ini merupakan hasil panen tahun 2014 kemarin dan diproses basah. Sore ini kopi masih tetap saya sajikan sebagai cappuccino sekalian untul latihan membuat latte art.

Untuk membuatnya, pertama saya timbang sekitar 21 gram biji kopi ini, kemudian saya masukkan kedalam hopper dari mesin penggiling/ grinder yang tingkat kehalusan nya telah di set sebelum eksperiment ini. Sewaktu biji kopi digiling tercium aroma buah citrus yang soft dengan aroma karamel yang bercampur dengan milk chocolate. Selanjutnya dose- tamp dan brew. Sekitar 7 detik setelah tuas dari mesin espresso dihidupkan, espresso yang berwarna coklat tua kemerahan mulai menetes dengan intensitas seperti madu dan seperti ada yang suspend. Setelah diperoleh sekitar 30ml espresso, tuas saya matikan dan susu mulai saya stretch dan panaskan. Susu yang telah siap kemudian saya campurkan kedalam cangkir yang telah terisi espresso sebelumnya dan whoa la cappuccino saya untuk sore ini ready.

Langsung aja ke hasil pengamatan saya. Aroma dan citarasa karamel yang bercampur coklat masih tercium intens dan setelah kopi diminum terasa seperti minum hot chocolate dengan sedikit caramel sauce dengan acidity yang hampir tidak ada dan body yang tebal. Benar- benar kopi yang pas menurut saya khususnya untuk dinikmati di sore yang sedang hujan ini. Menurut saya kopi ini cocok sekali buat yang senang dengan kopi bercitarasa classic espresso dengan tingkat kekentalan yang tinggi.

Anyway selamat melanjutkan aktifitas kembali dan salam Amstirdam :)

Apabila tertarik untuk mencoba kopi arabika Jawa Taman Dadar ini, green bean dapat dibeli disini dan freshly roasted bubuk maupun biji dapat dibeli disini