#tipsusaha
Kemarin sewaktu posting “ask me anything” banyak yang bertanya tentang rebranding yang tidak sempat saya balas.
.
Rebranding menurut wikipedia: “Rebranding is a marketing strategy in which a new name, term, symbol, design, or combination thereof is created for an established brand with the intention of developing a new, differentiated identity in the minds of consumers, investors, competitors, and other stakeholders.[1] Often, this involves radical changes to a brand’s logo, name, legal names, image, marketing strategy, and advertising themes. Such changes typically aim to reposition the brand/company, occasionally to distance itself from negative connotations of the previous branding, or to move the brand upmarket; they may also communicate a new message a new board of directors wishes to communicate.”
.
Nah rebranding secara simpelnya ya memposisikan kembali merek itu sendiri sehingga lebih mengena ke target market yang dituju sesuai dengan keputusan internal dengan cara mengganti sebagian atau seluruh elemen dari brand itu sendiri.
.
Logo, identitas Amstirdam serta target usaha Amstirdam juga berubah seiring dengan jalannya waktu disesuaikan dengan modernisasi perusahaan dan lebih mendekat ke pelanggan.
.
Seiring dengan jalannya waktu kita juga menyadari bahwa beberapa pesan yang ingin kita sampaikan tidak tersampaikan dengan sempurna ke pelanggan atau siapapun yang melihat brand Amstirdam, oleh karena itu kita melakukan beberapa perubahan agar brand itu dapat menyampaikan pesan itu.
.
Sebagai contohnya sewaktu di awal banyak yang berpikir bahwa nama Amstirdam itu adalah cuma plesetan dari Amsterdam, atau bahkan ada beberapa yang salah menyebut. Itu sebabnya ada penekanan di huruf “i” dalam logo Amstirdam.

Pesan dari brand itu sendiri juga mesti jelas, hal itu bisa dirasakan dari iklan, postingan di social media, pengalaman sewaktu mengunjungi tempat itu, pengalaman sewaktu menikmati produk yang ditawarkan, pengalaman melalui online, dll
.
Apakah suatu coffeeshop perlu rebranding? Saya rasa pertanyaan itu bisa dijawab oleh masing- masing pemilik kalau dirasa brand yang ada sekarang kurang sesuai dengan target dan tujuan coffeeshop itu sendiri. from Instagram: https://ift.tt/2I5KRuP