#tipsusaha
.
Masih dari buku #profifirst , banyak bacaan dan ilmu bisnis yang dishare di internet dimana kita sebagai business owner jangan sampai bekerja “in” the business dan mesti bekerja “on” the business.
.
Dengan kata lain sebagai owner waktu Anda jangan sampai tersita untuk sibuk dengan day to day activity, tapi sibukkan diri Anda untuk menyusun strategy sehingga bisnis Anda bisa lebih maju.
.
Di buku ini penulis kurang setuju dengan pendapat ini dan sesuai dengan pengalaman kami juga dimana sewaktu awal membangun usaha kita sebagai owner dituntut untuk terlibat di day to day activity karena mau gimanapun kita juga belum mampu untuk meng-hire tenaga kerja baru. Disini mau ngga mau kita mesti work “in” the business 90% dari total waktu dan mungkin melakukan strategy sekitar 10% dari total waktu dan seiring dengan waktu bisnis Anda mesti mampu untuk membayar gaji/ profit untuk Anda.
.
Nah setelah beberapa waktu mungkin Anda akan bekerja 50% dari total waktu Anda “in” the business dan sisanya untuk strategy. Seiring dengan jalannya waktu dan kemajuan usaha, Anda akan semakin berkurang work “in” the business dan akan semakin banyak “on” the business dan along the way bisnis Anda mesti mampu untuk membiayai/ menggaji Anda.
.
Apabila sudah cukup lama dan bisnis Anda belum mampu membiayai Anda, ada beberapa faktor fundamental yang mesti di cek ulang apakah mereka berfungsi secara maksimal atau tidak dan apakah alokasi persentase benar atau tidak
.
Kita lanjutkan lagi minggu depan lagi ya :)
.
.
.
.
.
#6TahunAmstirdam #BrewtifulAmstirdam
#kopimalang
#kopisejuk
#kopiindonesia
#amstirdamberbagi from Instagram: https://ift.tt/2EPEiag