#tipsusaha
Konten ini diinspirasi dari artikel yang ditulis pak @alex_pchandra di majalah money & I.
.
Tidak semua opportunity mesti diambil. Terkadang beberapa dari opportunity itu justru akan membuat kita jatuh.
.
Keseringan begitu kita ditawarkan satu kesempatan usaha ataupun investasi yang cukup menarik ataupun kesempatan ekspansi/ memperbanyak cabang, yang terpikirkan pertama adalah “wah peluang nya bagus sekali untuk dilewatkan, kapan lagi bisa dapat tawaran seperti ini.” Hal ini juga kadang dimasukkan dalam konteks Fear of Missing Out (FOMO)
.
Dulu waktu awal- awal terjun ke usaha, salah satu mentor saya pernah bilang kalau opportunity akan selalu datang, tapi tugas mu adalah untuk memilih opportunity mana yang akan membawamu naik tanpa membuat kerusakan parah dari apa yang kamu punya. Perkataan yang simpel tapi maknanya dalam.
.
Keputusan mengambil opportunity seyogyanya diambil berdasarkan situasi dan keaadaan bukan karena berdasarkan FOMO ataupun trend. Kalau memang situasi keuangan belum memungkinkan untuk membuka cabang baru ya jangan dipaksakan, malah justru itu membuka peluang untuk menimbulkan penurunan dari total usaha dan tidak menutup kemungkinan akan membuat total usaha tutup.
.
Percayalah bahwa opportunity akan selalu datang dan melewatkan satu saja opportunity tidak akan membuat Anda kehilangan momentum.
.
Semoga berguna :)
.
.
.
.
.
.
.
#Kopisejuk
#KopiMalang
#KopiIndonesia
#Malang
#Indonesia
#kopiamstirdam
#loveallserveall
#7TahunAmstirdam#BrewtifulAmstirdam
#coffeeshops
#coffeeroaster
#Coffeetime
#cafe
#kopi
#kulinermalang
#videos
#instavideos
#coffeeaddict
#kedaikopimalang
#coffeeshopmalang
#coffeelover
#exploremalang
#latte
#gojekmalang
#gofoodmalang
#malanghits from Instagram: http://bit.ly/2Dt0YPM