#tipsusaha
Sambil menulis tips usaha ini saya sedang berada di KLIA2, low cost terminal khusus untuk low cost airlines.
.
Jadi disini ada KLIA ( Kuala Lumpur International Airport) dan KLIA 2. KLIA masih didominasi oleh penerbangan dengan pesawat premium seperti Malaysia Airlines, Garuda Indonesia, Emirates, dll dan KLIA2 didominasi oleh penerbangan lowcost seperti Air Asia, Jetstar, dll.
.
Jam masih menunjukkan pukul 06:30 pagi namun antrian sudah terlihat dihampir semua kounter dan dari beberapa kali terbang ke Kuala Lumpur, volume penerbangan dari KLIA2 menurut saya lebih padat dari KLIA.
.
Sebagai low cost terminal bersama dengan Air Asia sebagai drivernya, semua proses dituntut untuk menjadi efisien sehingga profit margin bisa terjaga dan harga bisa dimaintain tetap rendah.
.
Awal mula dimulai dengan proses online check in sehingga proses check in di bandara cuma tinggal drop tas dan cek dokumen, kini hal ini sudah disimplifikasi lagi kini sehingga semua dilakukan secara otomatis.
.
Tadi proses check in serta menaruh tas saya sudah tidak dilayani oleh customer service lagi tapi sudah dilayani oleh sebuah komputer yang akan meng-scan boarding pass saya dan barcode yang ada di tas bagasi saya. .
Tas otomatis ditimbang, apabila berat tas dibawah berat tas yang sudah dibeli sejak awal maka proses otomatis selesai dan saya bisa langsung masuk ke imigrasi. Total waktu yang dibutuhkan kurang dari 1 menit.
.
Efisiensi proses dan waktu kini menjadi satu hal krusial dalam menjaga profitibilitas dan dalam waktu yang sama servis yang baik juga diperlukan.
.
Hal yang sama juga berlaku disemua industri termasuk di operasional kedai kopi. Sudah waktunya hal- hal yang sering dilakukan dibuat secara efisien mungkin sehingga biaya juga bisa dijaga.
.
Hal- hal seperti proses data entry, akuntansi, social media, dll kini dapat di buat menjadi cukup efisien dan dapat berjalan secara otomatis sehingga sebagai pemilik kita dapat fokus untuk melakukan hal- hal yang lain.
.
Anyway selamat hari Senin, selamat berkarya :) from Instagram: http://bit.ly/2RTeeG3