#roastingjourney
(Lanjutan dari posting minggu yang lalu)
.
Minggu yang lalu kami sempat menyinggung cara menghitung massa jenis atau umumnya dikenal dengan nama density dengan cara yang sederhana tanpa menghiraukan volume kosong diantara beans.
.
Range untuk low density adalah apabila densitynya dibawah 640g/lt, med density 640-690 g/lt, dan high density diatas 690 g/lt. .
Pada umumnya high density beans bisa diberi api yang besar ataupun charge temperature yang lebih tinggi di awal begitu juga sebaliknya, tapi ini tentu disesuaikan dengan proses pasca panen dan style dari roaster itu sendiri.
.
Dengan mengetahui informasi ini ditambahkan dengan proses pasca panen dan kadar air kita dapat membuat roast plan yang lebih tepat untuk setiap jenis biji kopi sehingga kopi bisa matang luar dan dalam serta tidak ada bagian yang gosong sehingga aroma dan citarasa kopi itu dapat muncul secara optimal.
.
Sering sekali kami melihat beberapa kopi dari berbagai daerah yang memiliki potensi rasa dan aroma yang enak namun tidak di sangrai dengan benar oleh beberapa roaster sehingga potensi itu tidak dapat muncul dan berakibat pada asumsi masyarakat umum bahwa kopi dari daerah tersebut tidak enak.
.
Semoga informasi ini berguna dan dapat diaplikasikan.
.
.
.
#6TahunAmstirdam #BrewtifulAmstirdam
#kopisejuk
#kopimalang
#kopiindonesia
#kopiamstirdam
#amstirdamberbagi from Instagram: http://ift.tt/2n7uRMB