#tipsusaha
Saat menulis tips usaha ini saya masih berada di Makassar tepatnya di Toko Ujung atau lebih dikenal dengan nama Kopi Ujung @kopiujung .
Toko yang berdiri sejak tahun 1930 ini cukup unik karena telah melakukan pivot dalam usahanya beberapa kali.
.
Pivot itu artinya melakukan perubahan/ adaptasi seiring dengan kebutuhan pasar yang biasanya didrive oleh sang pemimpin dari usaha itu.
.
Awalnya toko ini sudah menjual kopi dengan beberapa produk umum lainnya, namun seiring dengan jalannya waktu, melakukan perubahan dalam produk offeringnya sehingga kini menjadi toko oleh- oleh dengan kopi dan cafe dengan peralatan yang canggih.
.
Hal yang sama juga terjadi dalam industri kopi tidak hanya yang besar- besar namun juga dengan yang kecil- kecil.
.
Amstirdam sendiri juga telah melakukan beberapa perubahan seiring dengan jalannya waktu. Awalnya kami hanya merupakan roastery yang berfokus di produk oleh- oleh namun seiring dengan jalannya usaha, kami juga melakukan beberapa perubahan termasuk dalam target pasar dan jenis produk yang kami tawarkan.
.
Cafe sendiri juga merupakan hasil pivot kami karena banyaknya permintaan dari pelanggan, serta didalam cafe sendiri kita juga melakukan banyak pivot hampir setiap bulannya.
.
Sebagai usaha kita wajib untuk berevolusi, beradaptasi dan berubah seiring dengan jalannya waktu.
.
Kalau ada usaha teman- teman yang telah melakukan pivot beberapa kali, mungkin bisa dishare di komen dibawah ini sehingga bisa menjadi bahan pelajaran untuk semua.
.
.
.
.
.
.
.
.

#loveallserveall
#7TahunAmstirdam #BrewtifulAmstirdam
#ProudlyRoastedInMalang
#kopimalang
#kopisejuk
#kopiindonesia
#kopiamstirdam
#mahasiswaMalang
#coffeeshops
#coffeeroaster
#coffeegram
#coffeecoffeecoffee
#coffeedaily
#kedaikopi
#kedaikopimalang
#coffeeshopmalang from Instagram: http://bit.ly/2HCS9HJ