Apakah Simpan Kopi Dalam Kulkas Rahasia di Balik Kenikmatan Secangkir Kopi Tubruk

Simpan Kopi Dalam Kulkas : Banyak teman yang bercerita bahwa, kopi mesti disimpan dalam kulkas, alasan mereka adalah untuk menjaga kopi tetap fresh. Namun, banyak orang yang juga mengatakan bahwa hal tersebut salah, hari ini saya ingin membuktikan teori tersebut.

Untuk eksperimen ini, saya sengaja menyimpan satu bungkus kopi luwak Amstirdam didalam kulkas selama 7 hari dan menyimpan satu bungkus lagi kopi luwak Amstirdam disuhu ruangan, jauh dari sinar matahari.

Gelas kiri adalah kopi yang saya simpan dalam kulkas, dan gelas kanan adalah kopi yang disimpan dalam suhu ruangan yang keduanya menggunakan kemasan one way valve, masing-masing saya gunakan 10grm dengan takaran air 150 – 160ml 95˚C.

simpan kopi, kopi bubuk

Trik yang selalu saya gunakan dalam membuat kopi yaitu “Pre infusion” yang sebelumnya pernah saya bahas (baca disini).

pre infusion

Setelah beberapa detik, saya menambahkan lagi air panas hingga 150 -160ml.

simpan kopi, resep kopi tubruk

Diamkan selama 3,5 menit dalam keadaan tertutup.

buat kopi tubruk enak

Terakhir, saya buang minyak kopi yang masih mengambang untuk mendapatkan body yang lebih ringan.

minyak kopi

Yang terpenting sekarang saya mencoba mencicipi satu persatu untuk memberikan skor, mana yang lebih nikmat diantara kopi tubruk yang saya buat hari ini.

kopi dalam kulkas

Skor:

Penilaian Kopi Dalam Kulkas Kopi Suhu Ruangan
Aroma 6 8
Rasa 6 7
Body 7 8
After Taste 6 8
Total 25 31

 

Kesimpulan:
Kesimpulan saya untuk eksperimen hari ini bisa dilihat dari tabel diatas. Aroma kopi sangat drastis menurun, besar kemungkinan karena adanya kondensasi dari kopi yang saya simpan dalam kulkas yang mengakibatkan hilangnya aroma kopi, sedangkan kopi yang disimpan dalam suhu runagan normal dengan kemasan one way valve tetap terjaga.

Saya tambahkan sedikit, menyimpan kopi dalam kulkas mungkin akan lebih berguna pada suhu ekstrim, contoh seperti di eropah atau Timur tengah.

Selamat Menikmati Kenikmatan Secangkir Kopi Tubruk

Tambahkan Komentar Anda!