Memilih Cangkir Kopi Tubruk

Cangkir kopi Para penikmat kopi tubruk memiliki ciri khas masing-masing dalam menikmati ataupun menyajikan kopi tubruk.

Memilih cangkir kopi/wadah yang tepat untuk menyeduh kopi tubruk.

kopi tubruk, kopi luwak

kopi tubruk

Saya pribadi lebih suka gelas/cangkir yang berbahan dasar keramik, karena akan lebih lama menahan panas atau menyimpan panas.

Ini posting ke-delapan untuk bahasan kopi tubruk saya, dan saya memilih tema kali ini untuk membuktikan tiga ( 3 ) jenis bahan untuk penyajian atau lebih tepatnya menyeduh kopi tubruk yaitu; Cangkir dengan bahan dasar keramik, Mug berbahan dasar keramik juga namun ketebalannya berbeda, Mug yang saya gunakan lebih tebal dari cangkir, dan yang ketiga ( 3 ) saya menggunakan Paper Cup.

Untuk resep atau cara, masih tetap sama dengan resep kopi tubruk yang sebelumnya [Baca kopi tubruk sebelumnya].

Bahan yang saya gunakan masih tetap sama Kopi Luwak Amstirdam, saya gunakan yang fresh grind, karena saya suka sekali dengan aroma kopi yang baru digiling (Harum, Wangi, pokoknya aroma kopi yang khas).

1. Saya siapkan terlebih dahulu kopi biji; kopi luwak amstirdam, dan digiling.

kopi luwak bubuk, kopi luwak

2. Masing-masing saya gunakan 7 – 8 grm, ini setengah takaran dari biasanya, sebelumnya biasa saya gunakan 14 grm kopi bubuk.

cangkir kopi, kopi tubruk

3. Seduhan pertama, 15 ml air panas kira-kira saja, 80 – 95 °C, secara merata, ini dimaksudkan untuk membuka pori-pori kopi supaya aromanya keluar, dan diamkan selama 35 -40 detik.

seduh kopi tubruk

4. Selanjutnya, saya tambahkan air panas hingga menjadi 60ml, ini setengah takaran dari biasanya,

seduh kopi tubruk

Tutup rapat dan biarkan selama 3,5 menit, kurang lebih.

tutup kopi tubruk

5. Tanpa perlu diaduk, Cara mengaduk pun ada tekniknya, lain kali kita bahas cara dan teknik mengaduk. Saya buang ampas dari kopi tubruk, ini sesuai selera, kadang ada penikmat kopi yang senang kopi tubruk sedikit riangan, jadi mereka membuang ampas yang masih mengambang.

buang ampas, kopi tubruk

6. Terahir, saya perlu mencicipi untuk berikan sekor masing-masing kopi tubruk, mulai dari yang menggunakan cangkir, Mug, dan Paper Cup.

resep kopi tubruk

Skor:

Penilaian Cangkir Mug Paper Cup
Aroma 8 7 6
Rasa 8 7 7
Body 7 7 8
After Taste 7 6 7
Total 30 27 28

 

Kesimpulan :
Kesimpulan pribadi saya, kalau bentuk, bahan, ketebalan dari bahan yang digunakan memberikan reaksi yang berbeda dalam membangkitkan karakter kopi, meskipun kopi yang digunakan sama, dengan takaran yang sama pula.

Banyak variabel yang berpengaruh, terutama bentuk dari wadah yang kita gunakan akan memberikan aroma, rasa, body maupun after taste yang bervariasi, tak heran jika para penikmat kopi mempunyai cara mereka masing-masing.

Bagaimana dengan cara Anda menikmati kopi?