Pre infusion; Berawal saat teman teman yang sudah mencoba resep yang saya publish pada eksperimen eksperimen sebelumnya, beberapa dari teman penikmat kopi komentar kalau kopinya kurang nendang.

Ini membuat saya mencari-cari kenapa kurang nendang! Mulai dari penambahan jumlah bubuk kopi dan mengurangi takaran air tapi hasilnya kopi jadi terlalu kental dan tidak pas, memang body menjadi sedikit lebih besar.

Setelah beberapa hari mencoba dan terus mencoba ahirnya menemukan cara bagaiman membuat kopi anda terasa lebih nendang dengan takaran normal dan pas, dimana saya lakukan sedikit pengolahan dan perubahan saat pre infusion, ternyata hasilnya sangat memuaskan juga.

Awalnya pre infision sering kita artikan supaya pori-pori bubuk kopi lebih terbuka saat menyeduh, tapi sebenarnya pre infusion bertujuan supaya saat kita menyeduh kopi, bubuk kopi tidak bereaksi secara mendadak saat disentuh air panas, dan kopi tidak terasa gosong.

Penasaran apa yang saya lakukan saat pre-infusion? Lihat eksperimen saya hari ini.

  1. Kita siapkan 10 grm kopi bubuk (saya gunakan Amstirdam), usahakan yang masih fresh, dan saya tidak anjurkan pakai kopi instan, dan siapkan air panas secukupnya.
    pre infusion
  2. Tahap kedua ini saya lakukan sedikit perubahan saat pre-infusion, yaitu; seduh dengan sedikit mungkin air secara merata agar kopi bubuk terbasahi sempurna.
    pre-infusion
  3. Aduk pelan-pelan ± 8 kali selama proses pre-infusion dan tunggu sampai max 45 detik, seperti gambar dibawah.
    pre infusion
  4. Kita tambahkan air panas 85° – 95°C hingga menjadi ±160 ml.
    pre-infusion
  5. Lankah selanjutnya, kita tutup rapat selama ± 3,2 menit max.
    pre-infusion
  6. Setelah ± 3,2 menit menunggu, Kita buka tutup dan sisihkan minyak kopi yang mengambang.
    pre infusionpre infusion
  7. Kopi tubruk spesial siap dinikmati bersama teman-teman.
    pre-infusion

Kita lihat papan skornya:

Penilaian

Skor

Aroma

8

Rasa

8

Body

8

A.T

8

Total

32

 

Kesimpulan :

Saya  pribadi bisa menyimpulkan saat kita melakukan pre-infusion dan melakukan sedikit pengadukan, maka bubuk kopi akan lebih terekstraksi. Jadi, aroma kopi akan menonjol dan berpengaruh juga pada rasa yang dibangkitkan.

Jika Anda melakukan pengadukan secara berlebihan pada saat pre-infusion, maka akan terjadi over ekstraksi dan membuat rasa kopi jadi tidak enak. Jadi usahan jangan lebih dari 6 – 8 kali aduk secara berlahan.

Bagaiman dengan cara Anda menikmati kopi? kirim cerita menarik Anda dan saya akan publish cerita-cerita menarik Anda.