Selamat sore, dalam Tips Usaha dan Gaya Hidup yang ke 11 ini kami ingin membagi pengalaman kami dalam berani mencoba hal- hal baru.

Dalam buku bisnis ada jargon yang namanya ‘blue ocean strategy’,yaitu membuat/ membidik segment baru dimana belum ada produk maupun kompetitor di segmen market tersebut. Jadi istilahnya membuat gebrakan produk baru di segment market yang sudah ada atau memperkenalkan produk yang sudah ada di segment market baru. Sebagai contohnya: iPhone, ketika pertama kali dilaunch orang belum menyadari kalau mereka membutuhkan smartphone, namun setelah menggunakannya beberapa waktu mereka menyadari bahwa produk ini mempermudah hidup mereka, handphone yang tadinya hanya untuk telfon dan sms sekarang dapat digunakan untuk surfing internet, booking tiket dll. Dan brand Apple menjadi terkenal sekali karena mereka yang pertama bisa membuat gebrakan ini.

Nah kembali ke mimpi besar kemarin, bahwa kita ingin memperkenalkan kopi asli Malang di pasar lokal sebelum kopi terbaik tersebut di export ke luar negeri. Untuk itu kami melakukan market research bersama salah satu market research terbesar di Indonesia dan menemukan informasi bahwa banyak pengunjung dan orang Malang yang tahu kalau Malang merupakan salah satu penghasil kopi terbaik namun tidak tahu dimana mereka bisa membeli dan mencoba kopi asli Malang. Kami melihat itu sebagai suatu peluang di blue ocean dan meluncurkan produk Amstirdam Blue dan Amstirdam Green yang membawa nama kota Malang & Batu dengan segala informasinya seperti lokasi tanam, ketinggian, jenis bibit, dll.

Ada hal terpenting juga yang kami sadari bahwa aroma dan rasa kopi juga mesti dijaga dan menjadi salah satu selling point. Untuk itu kami mencoba beberapa profile roasting baru untuk dapat menyangrai kopi lokal tersebut sehingga aroma dan rasa dapat keluar sesuai dengan ekspektasi pasar. Setelah beberapa percobaan akhirnya profile tersebut ditemukan dan dapat direplikasikan di produksi yang lebih besar.

Nah setelah itu kami menghadapi masalah lain, harga dan ukuran kemasan seperti apa yang sesuai dengan ekspektasi pasar? Untuk itu kami bekerja sama dengan beberapa toko di Malang dan Batu untuk mencoba beberapa kombinasi ukuran, beberapa kombinasi harga dan beberapa kombinasi warna kemasan untuk dilihat kombinasi apa yang paling diminati oleh customer dalam jangka waktu tertentu. Setelah beberapa waktu ditemukan bahwa warna biru dan ukuran 100gr adalah kemasan yang paling pas untuk Robusta Malang, dan warna hijau dan ukuran 80gr adalah kemasan yang paling pas untuk arabica kota Batu.

Tentu semua eksperimen ini melibatkan uang dan waktu, namun kalau tidak dicoba kita juga tidak pernah  tahu akan hasilnya. Ayo terutama yang masih muda- muda untuk berani mencoba hal- hal baru dan jangan pernah menyerah. Kita kalah hanya ketika kita menyerah. Apabila butuh diskusi kami juga siap membantu dan membimbing.