Selamat sore semuanya, sore ini dalam tips usaha yang ke 12, saya ingin berbicara tentang pentingnya kesabaran menunggu hasil dalam memulai usaha.

Selama 6 tahun ini,satu hal penting yang kami pelajari adalah kesabaran. Semua jenis sub usaha yang mendapatkan hasil secara instant tidak ada yang bisa bertahan lama dan profitable, dilain pihak remua sub usaha yang dilakukan dengan kesabaran untuk mendapatkan hasil bisa bertahan lama dan profitable.

Produk retail kami (Amstirdam Blue & Amstirdam Green) membutuhkan waktu cukup panjang untuk dapat mencapai ke titik sekarang. Banyak godaan dan cobaan ditengah jalan untuk mempercepat proses namun kami tetap percaya bahwa kita harus bersabar dan bergerak sesuai dengan kemampuan kami. Banyak yang menawarkan bantuan untuk memasok ke supermarket kalau mereka bisa dapat komisi besar, cuma ada perkataan dalam bahasa inggris yaitu ‘if it’s too good to be true, then it’s false’, dan kami usahakan untuk selalu mengingat perkataan tersebut karena itu hampir 100% benar dari pengalaman kami.

Untuk produk retail single origin beans dan cafe juga sama. Ini semua adalah hasil dari trial and error selama beberapa tahun dan kesabaran yang boleh dikata hampir diluar batas. Yang pasti kami juga sering kecewa dikarenakan apa yang kita harapkan tidak bisa cepat terjadi.

Banyak juga yang tertarik untuk membuka cabang baru walaupun bisnis mereka masih belum solid. Saya teringat pernah sharing mengenai ini dengan salah satu pengusaha kuliner terbesar di Jawa Timur. Jawaban beliau cukup simpel, ‘beresin semua SOP dan siapkan cashflow untuk cabang baru tersebut sebesar 24 bulan, kalau itu belum ada, jangan berpikir untuk buka cabang’. Beliau pertama kali membuka cabang setelah resto pertamanya sudah jalan 7 tahun dan SOP beserta cashflow sudah solid dan siap mental dan cash apabila cabang tersebut gagal.

Semua bisnis membutuhkan kesabaran dari ownernya, dan waktu yang akan menentukan kapan bisnis itu siap untuk membuka sayap yang lebih lebar. Jadi jangan pernah menyerah untuk mencoba dan bersabarlah :)